Garis-Garis Besar Program Pengajaran

Garis-Garis Besar Program Pengajaran

JUDUL MATA KULIAH : Pemuliaan Tanaman Terapan
NOMER KODE : AGH 410
SKS : 3 (2-3)
SEMESTER : 7
MATA KULIAH PRASYARAT : Dasar Pemuliaan Tanaman, Perancangan Percobaan
DESKRIPSI SINGKAT : Mata kuliah ini menjelaskan metode perakitan kultivar unggul yang adaptif dan stabil secara efektif dan efisien, mencakup tahap pembentukan keragaman genetik, seleksi dan pengujiannya, teknik konservasi sumber daya plasma nutfah pemuliaan, serta pemanfaatan bioteknologi dalam pemuliaan tanaman.
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode dalam tiap tahap kegiatan pemuliaan tanaman untuk merakit kultivar unggul yang stabil dan adaptif secara efektif dan efisien, dari pembentukan populasi, seleksi, hingga pengujian, serta metode konservasi sumber daya plasma nutfah pemuliaan dan pemanfaatan bioteknologi dalam pemuliaan tanaman.
No Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Waktu Pustaka
1 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan tahap-tahap pemuliaan tanaman dan rambu-rambu pada tiap tahap pemuliaan tanaman Pendahuluan – Tahap-tahap pemuliaan tanaman

– Rambu-rambu tahap-tahap pemuliaan tanaman

2 x 50 menit 1, 2, 4,
2 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan karakteristik genetik populasi Karakteristik genetik populasi – Konstitusi genetik populasi dan penyebab perubahannya

– Konsep nilai, ragam, dan hubungan

2 x 50 menit 1, 2, 4, 15
3 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan teknik-teknik pembentukan keragaman genetik populasi bahan seleksi dan pengujiannya Pembentukan keragaman genetik dan pengujiannya – Metode pembentukan keragaman genetik populasi bahan seleksi: hibridisasi intra dan interspesifik, eksplorasi, introduksi, mutasi induksi, manipulasi kromosom dan poliploidi, hibridisasi somatik, transfer gen

– Pengujian nilai tengah, ragam, pendugaan heritabilitas

2 x 50 menit 1, 2, 7, 8
4 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode pencatatan, penomoran, dan pelabelan genotipe Pencatatan, penomoran, dan pelabelan – Pencatatan bahan kegenetikaan

– Penomoran bahan kegenetikaan

– Pelabelan bahan kegenetikaan

2 x 50 menit 14
5 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode seleksi dan pertimbangan penggunaannya Seleksi berdasarkan karakter kriteria seleksi – Pertimbangan penggunaan metode seleksi

– Seleksi langsung: seleksi karakter tunggal, seleksi beberapa karakter (seleksi simultan, seleksi indeks)

– Seleksi tidak langsung: korelasi antar karakter, analisis peragam untuk menduga korelasi genetik, analisis lintas, respon terkorelasi

4 x 50 menit 1, 4, 6, 9
6 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode pendugaan parameter genetik dan metode penanganan populasi bahan seleksi generasi awal maupun generasi lanjut Pengujian bahan kegenetikaan – Metode pendugaan parameter genetik

– Penanganan populasi generasi awal: rancangan kisi untuk penghomogenan lingkungan, grup rancangan kelompok berimbang untuk penghomogenan bahan kegenetikaan, rata-rata bergerak dan analisis peragam untuk koreksi data berdasarkan pengamatan sekitarnya, disain augmented untuk pengujian tanpa ulangan

– Penanganan populasi generasi lanjut: uji daya hasil pendahuluan (UDHP) dan uji daya hasil lanjutan (UDHL), uji multi lokasi

4 x 50 menit 2, 6, 14, 15
7 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan bentuk interaksi G*E dan implikasinya terhadap program pemuliaan serta metode analisis G*E untuk memperoleh genotipe stabil dan adaptif Pengujian stabilitas dan adaptabilitas genotipe (interaksi G*E) – Bentuk-bentuk interaksi G*E

– Implikasi G*E terhadap program pemuliaan

– Model untuk menganalisis G*E: analisis ragam, regresi, metode non-parametrik, metode multivariat (jarak Euclidean, dendrogram kemiripan genotipe, AMMI = Additive Main effect Multiplicative Interaction)

4 x 50 menit 1, 3, 5, 10, 13
8 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode perakitan kultivar adaptif lingkungan bercekaman biotik dan/atau abiotik, serta pemuliaan partisipatif (Participatory breeding) Perakitan kultivar adaptif lingkungan bercekaman dan pemuliaan partisipatif – Perakitan kultivar adaptif lingkungan bercekaman biotik: bentuk-bentuk adaptasi, sumber gen adaptif, strategi pemuliaan, problematika

– Perakitan kultivar adaptif lingkungan bercekaman abiotik: bentuk-bentuk adaptasi, sumber gen adaptif, strategi pemuliaan, problematika

– Pemuliaan partisipatif (Participatory breeding)

4 x 50 menit 10, 11
9 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan pemanfaatan bioteknologi dalam pemuliaan tanaman Pemanfaatan bioteknologi dalam pemuliaan tanaman – Bioteknologi untuk pembentukan keragaman genetik

Marker assisted selection

2 x 50 menit 14
10 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan metode dalam konservasi sumber daya plasma nutfah pemuliaan Konservasi sumber daya plasma nutfah pemuliaan – Metode konservasi plasma nutfah

– Laboratorium sumber daya plasma nutfah nasional

– Jaringan internasional untuk konservasi SDG

2 x 50 menit 14

PUSTAKA

1. Allard, R.W. 15%0. Principles of Plant Breeding. John Wiley & Sons, Inc., New York. 465 p.

2. Bari, A., S. Musa, dan E. Sjamsudin. 1974. Diktat Pengantar Pemuliaan Tanaman. Fakultas Pertanian IPB, Bogor. 83 hal.

3. Eberhart, S.A. and W.L. Russel. 15%6. Stability parameters for comparing varieties. Crop Sci. 6:36-40.

4. Falconer, D.S. 15%0. Introduction to Quantitative Genetics. Longman, London. 365 p.

5. Finlay, K.W. and G.N. Wilkinson. 15%3. The analysis of adaptation in a plant breeding programme. Australian J. Agric. Res. 14:742-754.

6. Gomez, K.A. dan A.A. Gomez. 1995. Prosedur Statistika untuk Penelitian Pertanian (diterjemahkan oleh E. Sjamsudin dan J.S. Baharsjah). Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta. 698 hal.

7. Hayward, M..D., N.O. Bosemark, dan I. Romagosa. 1993. Plant Breeding: Principles and Prospects (Part 3: Sources of variation). Chapman and Hall, London. 550 hlm.

8. Hayward, M..D., N.O. Bosemark, dan I. Romagosa. 1993. Plant Breeding: Principles and Prospects (Part 4: Assessment of variation). Chapman and Hall, London. 550 hlm.

9. Hayward, M..D., N.O. Bosemark, dan I. Romagosa. 1993. Plant Breeding: Principles and Prospects (Part 6: Selection methods). Chapman and Hall, London. 550 hlm.

10. Hayward, M..D., N.O. Bosemark, dan I. Romagosa. 1993. Plant Breeding: Principles and Prospects (Part 7: Adaptation). Chapman and Hall, London. 550 hlm.

11. Hayward, M..D., N.O. Bosemark, dan I. Romagosa. 1993. Plant Breeding: Principles and Prospects (Part 8: Specific trait breeding). Chapman and Hall, London. 550 hlm.

12. Mak, C., B.L. Haveys, and J.D. Berdahl. 1978. An evaluation of control plot and moving means for error control in barley nurseries. Crp Sci. 18:870-873.

13. Perkins, J.M. and J.L. Jinks. 15%8. Environmental and genotype environmental components of variability III. Multiple lines and crosses. Heredity 23:339-356.

14. Phoelman, J.M and D.A. Sleper. 1995. Breeding Field Crops. Iowa State Univ. Press. Ames, Iowa. 494p.

15. Poespodarsono, S. 1988. Dasar-dasar ilmu pemuliaan tanaman. PAU-LSI IPB, Bogor. 169 hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: